Kamis, 09 Juni 2016

Cara Mudah Membuat Tulisan Bercahaya di CorelDRAW X5


Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh..

Selamat siang teman teman, gimana kabar kalian, semoga kalian semua selalu dalam kesehatan jasmani dan rohani, serta tak ada bosan-bosannya untuk berkunjung kesini setiap waktu. hhe
Alhamdulillah siang ini tepatnya tanggal 09/06/2016 hari kamis hari ke-3 dari bulan ramadhan 1437 H. semoga amal ibadah kita diterima disisi Alloh Subhanahu Wata'ala . Aaamiin.
kali ini saya akan membagikan sebuat tutorial sederhana, yakni Cara membuat tulisan bercahaya/menyala di CorelDRAW.
Disini saya menggunakan CorelDRAW X5, saya disamping pingin membuat ini juga karena ada permintaan dari seorang teman, dan juga untuk berbagi-bagi ilmu walaupun hanya sedikit.
Sebelumnya, saya selaku Admin blog ini, mohon maaf bila apa yang saya bagikan diblog ini terdapat kekeliruan, oleh karena itu mohon ingatkan saya bisa teman-teman menemukannya dengan cara memberitahukan saya lewat komentar yang baik..

Dari teman-teman pasti sudah tau apa itu corelDRAW, jadi disisi saya tidak akan mejelaskannya, dan bagi yang ingin mendownload sofware/aplikasi corel bisa langsung kesitus resminya.
OK. Langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Bahan-bahan :
1. CorelDRAW X5 (atau boleh menggunakan versi lain tapi terkadang menu juga tidak sama letaknya seperti di versi X5)
2. Komputer
3. Baca Bismillah.

Tutorial :
1. Buka aplikasi CorelDRAW, lalu letakkan/masukkan background tulisan, atau tidak juga tidak apa-apa. caranya buka drive penyimpanan gambar, lalu klik kiri pada mouse. sambil gerakkan kebawah kebagian Coreldraw yang sudah dibuka, Jika sudah lalu lepaskan.

Klik untuk memperbesar

2. Buatlah tulisan sesuka Anda, disini saya menggunakan kata AGUSZA. Dengan cara klik icon A (Text Tool [F8])

Klik untuk memperbesar


3. Kalau sudah pilihlah bentuk Font yang Anda sukai, disini saya menggunakan Font Vivaldi. cara merubah font, terlebih dahulu blok/drag/klik 1 kali pada tulisannya, lalu lihat dibagian atas nama font, atau seperti pada gambar dibawah berwarna biru.

Klik untuk memperbesar
 4. Membuat garis melengkung-lengung seperti pada gambar dibawah (atau tidak juga tidak apa-apa), dengan cara memilih menu B-Spline, lalu klik kiri dan buat sesuka Anda.


Klik untuk memperbesar


5. Jika pada tahap ke 4 sudah selesai, lalu anda buat teks/tulisan tadi melengkung seperti pada garis lengkung tadi, yaitu dengan cara klik pada tulisan 1 kali, lalu klik menu TEXT dibagian atas, dan pilih FIT TEXT TO PATH. Lalu gerakkan mouse kegaris lengkung tadi dan sesuaikan tulisan itu sampai benar-benar menarik.


Klik untuk memperbesar

6. Jika sudah menarik, sekarang anda tinggal membuat efek bercahaya pada tulisan tadi, caranya, anda pilih menu DROP SHODOW, dibagian kiri. Lalu klik dan tahan pada tulisan, sampai ada perubahan.

Klik untuk memperbesar

7. Edit angka-angka pada menu diatasnya, dan sesuaikan angkanya seperti pada gambar dibawah ini, dan juga pada efek warnanya, atau anda pilih wwarna yang lebih bagus juga boleh.




Hasil :





NB. Trik pada No. 4 - 5 juga bisa digunakan untuk membuat stample, hanya merubah lekukan pada garis menjadi garis lingkaran.


Ternyata mudah ya buat tulisan menyala, hhe. bisa anda belum paham boleh tanyakan ke saya lewat komentar yang baik.
Mohon maaf dari saya bila ada kekeliaruan, dan saya berharap saran kritiknya. terima kasih.
Cukup sekian dari saya.

Wassalamu'alaikum warohmatulloi wabarokaatuh 

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan jejak anda setelah berkunjung ke blog ini dengan sebuah komentar yang baik. Terima kasih